Pengertian MC (Pembawa Acara) dan Tugas Bagi Seorang MC

Setiap aktivitas membutuhkan pemimpin atau pemandu aktivitas yang sanggup menghantar aktivitas satu demi satu dengan teratur. Dalam acara-acara ceremonial acara-acara harus disusun sedemikian rupa sehingga suatu aktivitas atau event yang diadakan menarik. Seorang pemandu aktivitas disebut sebagai Master of Cermony (MC). Seorang MC yaitu seseorang yang bertugas untuk pemandu suatu aktivitas supaya sanggup berjalan dengan baik dan lancar. MC atau Master of Ceremony sanggup diartikan sebagai seorang pemimpin suatu aktivitas atau pesta. Seorang MC yaitu seseorang yang mempunyai keterampilan seni dalam bidang improvisasi untuk menghantarkan aktivitas secara teratur, baik dan mempunyai karakteristik yang khas.

Pengertian MC (Pembawa Acara) dan Tugas Bagi Seorang MC – Seorang MC harus bisa membaca situasi dengan tepat. Ia harus bisa membuat suasana sesuai dengan karakteristik acaranya, dan memungkinkan adanya obrolan denga audiens. MC mempunyai kiprah penting untuk mensukseskan suatu acara. Berbicara akan hal ini, menyulut pengetahuan ihwal adanya fungsi dari Master of Cermony (MC) itu sendiri. Hal ini tidak mengada-ada sebab mengingat seringkali seorang MC merangkap sekaligus sebagai penyanyi, seorang MC merangkap sebagai komedian dan lain-lain.

 

Apa itu MC?

Istilah MC atau pemimpin aktivitas intinya berbeda dengan pembawa acara. Memang dalam banyak kesempatan MC juga disebut sebagai pembawa acara. Namun pembawa acaranya biasanya digunakan pada acara-acara yang sifatnya resmi, sangat terikat pada sopan santun protokoler, dan tidak banyak improvisasi dalam menghantar acara. Hal ini sedikit berbeda dengan MC, seorang MC diberi keleluasan untuk berimprovisasi dan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang sedang terjadi.

 

Fungsi dan Tuntutan Bagi Seorang MC

MC dalam suatu aktivitas mempunyai fungsi penting. MC bertugas untuk memandu aktivitas dan bertanggung jawab kelancaran dan kesuksesan acara. Dalam menjelaskan fungsinya ini diharapkan kreativitas dan improvisasi sesuai dengan jenis acaranya. MC harus harus bisa membawakan aktivitas dengan menarik. Ia harus sanggup beradaptasi dengan perubahan-perubahan acara. Tugas seorang MC dalam suatu aktivitas memang tidak mudah, mengingat tanggung jawabnya yang besarterhadap kesuksesan aktivitas itu. Seorang MC juga mempunyai tanggung jawab terhadap hubungannya dengan image atau gambaran penyelenggara aktivitas dan dapat dipercaya sorang MC itu sendiri. Oleh sebab itu diharapkan bakat-bakat khusus untuk menjadi MC, seorang yang bakir dalam bidang intelektual belum tentu bisa menjadi MC yang baik.

 

Sumber : emotionalservicecenter.blogspot.com

2019-03-21T00:57:16+00:00